Blog

Exclusive Cluster di Pondok Cabe

Contoh Surat Jual Beli Rumah

Contoh surat jual beli rumah merupakan surat yang diterbitkan oleh beberapa pihak yang berencana melakukan proses jual beli properti atau rumah dengan nilai budget yang cukup besar. Karena itu, ada baiknya untuk menyimak contoh surat perjanjian jual beli rumah untuk lebih mudah dimengerti.

Contoh Surat Jual Beli Rumah Terbaru Tinggal Pakai

  1. Contoh 1

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Rumah Tunai

Yang membubuhkan tanda tangan di bawah ini, saya :

Nama               : Johan Saimima

Umur               : 36 Tahun

Pekerjaan         : Wiraswasta

Alamat            : Jl. Bougenville No. 8, Pondok Labu, Jakarta Selatan

Mulai dari sekarang akan disebut sebagai pihak ke-I (penjual),

 

Nama               : Pierre Gruno

Umur               : 30 Tahun

Pekerjaan         : Wiraswasta

Alamat            : Jl. Dewi Sartika Blok. 80 Jakarta Timur

Mulai dari sekarang akan disebut sebagai pihak ke-II (pembeli)

 

Di tanggal 20 Juli 2022 pihak ke-I. Sudah menjual, dengan status lepas/mutlak satu bidang tanah yang memiliki luas 422 m2, juga sebuah bangunan yang ada di tanah tersebut kepada pihak ke-II dengan perincian harga tunai taitu Rp. 350,000.000.- (tiga ratus lima juta rupiah). Dan pembayaran tersebut dilakukan berhadapan dengan saksi secara tunai.

Batas-balas dari tanah tersebut yaitu:

Di sebelah barat               : Rumah Pak John

Di sebelah timur              : Rumah Pak Paul

Di sebelah utara               : Rumah Pak George

Di sebelah selatan            : Rumah Pak Ringgo

Maka, terhitung dari tanggal 21 Juli 2022 Tanah serta bangunan yang disebutkan tersebut sudah jadi hak milik dari pihak ke-II. Di waktu dilaksanakannya proses jual beli tanah tadi baik dari pihak ke-I (penjual) atau pun pihak Ke-II (pembeli) serta saksi-saksi sudah menyatakan semuanya dalam keadaan yang sehat, secara jasmani serta rohani, serta segala sesuatunya dengan itikad yang baik.

Demikianlah sesudah keterangan pada isi jual beli tersebut telah dipahami baik pihak ke-I serta pihak ke-II, serta saksi-saksi, jadi ditanda tanganilah surat ini sebagai permulaan untuk proses peralihan hak milik dari pihak ke-I ke pihak ke-II

Jakarta, 17 Agustus 2022

 

TANDA TANGAN MASING MASING

 

Pihak Ke-I (Penjual)                                                                Pihak Ke-II (Pembeli)

 

 

 

Johan Saimima                                                                          Pierre Gruno

 

SAKSI SAKSI

Saksi Ke-I                                                      Saksi Ke-II                                          Saksi Ke-III

 

John                                                                Paul                                                    George

     2. Contoh 2

Surat Perjanjian Jual Beli Rumah

 

Yang membubuhkan tanda tangan di bawah ini, yaitu:

Nama Lengkap: Ngolo Kante

NIK: 1871113679174

Umur: 35 Tahun

Pekerjaan: Wiraswasta

Alamat: Jl. Buntu, Kav. 8 Jakarta Pusat

Mulai dari sekarang akan disebut sebagai PIHAK Pertama/Ke-1 atau PENJUAL.

Nama Lengkap: Boakay Edi Foday

NIK: 18747332093848

Umur: 25 Tahun

Pekerjaan: Wiraswasta

Alamat: Jl. Tongger, Blok C4, Jakarta Selatan

Mulai dari sekarang akan disebut sebagai PIHAK KEDUA/Ke-2 atau PEMBELI.

Dengan surat perjanjian ini, maka Pihak Penjual serta Pihak Pembeli sudah bersepakat untuk melakukan transaksi penjualan dan pembelian untuk sebuah rumah serta tanah dengan keterangan tambahan:

Luas dari Bangunan Rumah: 333 m2 dan berdiri di atas sebidang tanah dengan luas: 555 m2

Untuk lokasi rumah serta bangunan: Jl. Dede Sulaiman, No. 19, Jakarta Barat

Spesifikasi dar Rumah:

Batas-batas dari tanah serta bangunan di:

Sebelah utara: Rumah Pak Sueb

Sebelah selatan: Rumah Pak Toyib

Sebelah barat: Rumah Pak Samsul

Sebelah timur: Rumah Pak Samin

Nomor SHM: 187404048388

Total dari harga yang sudah disepakati: Rp 500.000 (yang terbilang)

Kemudian PIHAK KEDUA akan melakukan pembayaran dari uang tersebut dengan caraTunai/Kredit (dengan Jangka Waktu:__________, dan nominal angsuran:_____________)*

Kemudian Melalui surat perjanjian jual beli rumah ini, dari PIHAK PERTAMA menyatakan serta menjamin bahwa:

  • Bangunan rumah tersebut telah selesai dibangun serta siap dihuni. PIHAK PERTAMA juga telah melaksanakan renovasi di beberapa bagian dari rumah tersebut sebelumnya, seperti permintaan dari pihak pembeli yang menambah harga jual.
  • Bangunan rumah tersebut didirikan di atas tanah yang memiliki SHM serta adalah milik dari PIHAK PERTAMA yang sah.
  • Baik Tanah serta rumah tersebut adalah miliknya sendiri serta tidak dijadikan menjadi agunan pada pihak lainnya, serta statusnya juga sedang tidak dalam sengketa dengan pihak mana pun.
  • Pasangan serta ahli waris untuk PIHAK PERTAMA telah tahu serta menyetujui transaksi penjualan dan pembelian tanah serta rumah ini, jadi tidak akan menimbulkan permasalahan di hari depan.

PIHAK KEDUA telah menjamin bahwa:

  • Ia akan membayar uang untuk membeli tanah tadi pada Pihak Penjual pada waktunya sesuai cara pembayaran yang sudah disepakati bersama.

Namun jika pada kemudian hari, terdapat ketidaksesuaian dari pelaksanaan hak serta kewajiban dengan apa yang menjadi isi perjanjian ataupun salah satu dari pihak melakukan ingkar janji atau melalaikan kewajibannya. Jadi, pihak yang dirugikan memiliki hak untuk mengajukan tuntutan akan ganti rugi dengan cara yang resmi di pengadilan sesudah proses musyawarah namun tidak ditemukan jalan keluar.

Demikianlah Surat Perjanjian Jual Beli Rumah ditulis dengan benar, tanpa adanya paksaan yang berasal dari pihak mana pun dan bisa digunakan semestinya. Surat ini juga bisa dipakai sebagai dasar untuk pembuatan AJB serta mengurus sertifikat tanah yang dilakukan ke kantor pertanahan.

Jakarta, 18 Desember 2023

 

Pihak Penjual/I                            Pihak Pembeli/II

 

Materai                                       Materai

 

(Ngolo Kante)                         (Boakay Edi Foday)

 

Manfaat Surat Perjanjian Jual Beli Rumah

  1. Menjadi bukti adanya kesepakatan yang terjalin perihal transaksi penjualan dan pembelian yang melibatkan kedua belah pihak bersangkutan
  2. Contoh surat jual beli rumah tunai bisa menjadi alat bukti jika terdapat pihak yang melakukan pelanggaran atas perjanjian yang sudah disepakati.

Baca Juga: 6 Cara Cek Sertifikat Tanah/Rumah Asli atau Tidak

Hal-Hal Penting Saat Menyusun Surat Perjanjian Jual Beli Rumah

Terdapat beberapa hal krusial yang harus dipahami saat menyusun Surat Perjanjian Jual Beli Rumah seperti yang diulas di bawah ini:

  • Identitas pembeli dan penjual disebutkan dengan jelas.
  • Rumah yang akan diperjualbelikan diterangkan secara jelas. Beberapa hal yang perlu dideskripsikan antara lain batas-batas dari wilayah, sertifikat, harga jual dan semua yang berhubungan dengan rumah tersebut.
  • Menghadirkan beberapa saksi.
  • Jaminan dan peraturan-peraturan kesepakatan harus disebutkan seperti waktu pembayaran, cara pembayaran dan lain sebagainya.

Casa de Ramos Hunian Terbaik Berkonsep Mewah

casa de ramos - banner promo
Download Brosure CASA DE RAMOS Di Sini

Bagi Anda yang sedang mencari sebuah hunian dengan konsep yang mewah dan klasik, Casa de Ramos adalah pilhan yang sangat tepat. Meskipun mengusung konsep klasik, perumahan yang satu ini masih memiliki tampak yang modern. Adapun dua tipe yang ditawarkan yaitu tipe La Rosa dan tipe Jazmin.

Fasilitas hunian yang ditawarkan oleh perumahan ini pun sangat canggih dan modern. Antara lain smart home system, panel surya dan halaman yang luas. Seluruh fasilitas yang ada di dalam hunian tersebut tak lain hanya untuk membuat para penghuni merasa nyaman.

Casa de Ramos juga terletak di lokasi yang sangat strategis untuk dikunjungi. Salah satu keunggulannya yaitu letaknya sangat dekat dengan akses tol. Selain itu juga akses transportasi pun sangat terjangkau dengan adanya MRT. Kedua fasilitas umum tersebut dapat mempermudah penghuni dalam hal mobilitas dan melakukan kegiatan lainnya. Rumah dekat Jakarta hanya 2 milyaran ini adalah pilihan yang tepat untuk tinggal di sebuah hunian premium yang sangat strategis dan dilengkapi oleh fasilitas yang juga premium.

Itu adalah beberapa contoh surat jual beli rumah yang penting sekali untuk diketahui. Selain itu, ada penjelasan soal manfaat dan juga beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika menyusun surat jual beli rumah.

Contoh Surat Jual Beli Rumah Terbaru Tinggal Pakai

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dapatkan Bonus Free PPN & Subsidi
KPR 40Jt Setiap Pembelian Unit
Casa De Ramos

X