Blog

Exclusive Cluster di Pondok Cabe

Marketing strategy

Dalam dunia pemasaran, strategi bauran pemasaran atau marketing mix strategy menjadi fondasi bagi kesuksesan suatu perusahaan. Konsep ini mencakup kombinasi dari empat elemen utama, yaitu produk, harga, promosi, dan distribusi (tempat).

Marketing mix strategy memainkan peran penting dalam merencanakan, mengimplementasikan, dan mengontrol upaya pemasaran suatu produk atau jasa. Artikel ini akan membahas secara rinci tentang pengertian, tujuan, fungsi, manfaat, dan konsep dari marketing mix strategy.

Pengertian dan Konsep Marketing Mix Strategy

Marketing mix strategy merupakan konsep yang digunakan oleh perusahaan untuk menggabungkan elemen-elemen pemasaran dalam upaya mencapai tujuan bisnis. Konsep ini pertama kali diperkenalkan oleh Neil Borden pada tahun 1953 dan kemudian dikenal lebih luas melalui karya Jerome McCarthy pada tahun 1960-an.

  1. Konsep Marketing Mix Strategy
  • Produk (Product)

Elemen ini berkaitan dengan barang atau jasa yang ditawarkan perusahaan kepada pelanggan. Ini termasuk fitur produk, kualitas, merek, desain, dan variasi produk.

Contoh saja PT Multiguna Cipta Mandiri, salah satu agen properti perumahan ini menawarkan hunian di dekat daerah Jakarta. Tentu di Jakarta ada banyak agen properti yang menawarkan produk serupa. Namun PT Multiguna Cipta Mandiri mendirikan hunian dengan tampilan unik yang menjadikannya berbeda dan menarik dibanding lainnya.

Produk yang bernama Casa De Ramos merupakan hunian dengan tampilan klasik tetapi tetap modern. Desain klasik dan modern yang dikombinasikan merupakan daya tarik yang diciptakan bagi calon konsumen.

  • Harga (Price)

Konsep marketing mix selanjutnya adalah harga. Hal ini mencakup penetapan harga produk atau jasa. Perusahaan harus mempertimbangkan berbagai faktor seperti biaya produksi, margin keuntungan, dan harga pesaing.

  • Promosi (Promotion)

Elemen ini melibatkan berbagai cara perusahaan mengkomunikasikan nilai produknya kepada pasar dan menciptakan kesadaran serta minat pembelian.

  • Distribusi (Place)

Elemen ini berkaitan dengan seluruh saluran distribusi yang digunakan perusahaan untuk mengantarkan produk atau jasa dari produsen hingga konsumen akhir.

  • Orang (Participant)

Orang yang dimaksud dalam konsep ini tidak hanya konsumen saja, akan tetapi seluruh sumber daya manusia yang terlibat mulai dari perancangan produk hingga sampai ke tangan konsumen. Termasuk pekerja di pabrik hingga tim perencanaan yang ada di kantor pusat. SDM sangat penting untuk marketing mix strategy karena akan mempengaruhi maju atau tidaknya perusahaan.

  • Proses (Process)

Proses adalah gabungan dari seluruh aktivitas yang berhubungan dengan bagaimana produk diciptakan dan didistribusikan kepada konsumen. Mencakup cara perusahaan menanggapi permintaan dari tiap konsumen dan memberikan pesanan mereka.

  • Tampilan Fisik (Physical Evidence)

Sebuah bisnis tentu memiliki beragam perangkat untuk menunjang aktivitas bisnisnya, hal tersebut lazim disebut tampilan fisik. Sebagai contoh tampilan fisik tempat usaha akan mendeskripsikan bagaimana desain dan tata letak bangunan.

Apakah usaha tersebut menggunakan desain interior klasik, lighting system yang memukau, atau furnitur unik dan lain-lain. Tampilan fisik akan sangat berpengaruh bagi suatu usaha, karena akan menentukan mood atau ketertarikan dari calon konsumen.

Selain tempat usaha, kemasan, website, media sosial juga termasuk bagian dari tampilan fisik.

  1. Tujuan
  • Periklanan (Advertising)

Salah satu aktivitas penting dalam rangka menerapkan marketing mix adalah periklanan. Tujuan marketing mix adalah untuk menyampaikan informasi terkait dengan produk barang dan jasa kepada konsumen agar penjualan meningkat.

  • Promosi Penjualan (Sales Promotion)

Promosi penjualan adalah kumpulan beragam alat intensif yang dibuat untuk mendorong konsumen agar melakukan pembelian produk.

  • Pemasaran Langsung (Direct Marketing)

Pemasaran langsung merupakan suatu sistem pemasaran yang interaktif dan dapat digunakan untuk satu maupun lebih media iklan. Hal tersebut diterapkan untuk menciptakan tanggapan dan transaksi yang terukur.

  1. Fungsi
  • Mengidentifikasi kebutuhan pelanggan

Melalui analisis marketing mix, perusahaan dapat lebih memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan serta menyesuaikan produk atau jasa mereka sesuai dengan preferensi konsumen.

  • Menentukan kebijakan harga

Marketing mix strategy membantu perusahaan menetapkan harga yang tepat untuk produk atau jasa mereka dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti biaya produksi, permintaan pasar, dan tingkat persaingan.

  • Merancang promosi yang efektif

Perusahaan menggunakan marketing mix strategy untuk merancang kampanye promosi yang tepat guna meningkatkan kesadaran dan minat pelanggan terhadap produk atau jasa mereka.

  • Memilih saluran distribusi yang tepat

Strategi bauran pemasaran membantu perusahaan dalam menentukan saluran distribusi yang efisien untuk mencapai target pasar dengan lebih baik.

(Baca juga: 5 Rekomendasi Usaha Syariah Yang Bisa Menjadi Lahan Bisnis)

  1. Manfaat
  • Penyesuaian produk dengan pasar

Manfaat marketing mix adalah dengan memahami kebutuhan pelanggan, perusahaan dapat mengembangkan produk atau jasa yang lebih relevan dan sesuai dengan preferensi pasar.

  • Peningkatan daya saing

Marketing mix membantu perusahaan untuk menciptakan nilai tambah dan keunggulan kompetitif yang akan membedakan mereka dari pesaing.

  • Pengambilan keputusan yang lebih baik

Berdasarkan pertimbangan semua elemen marketing mix, perusahaan dapat mengambil keputusan pemasaran yang lebih terinformasi dan berbasis data.

  • Efisiensi dalam alokasi sumber daya

Dengan merencanakan strategi bauran pemasaran dengan baik, perusahaan dapat mengalokasikan sumber daya secara efisien dan menghindari pemborosan.

  • Peningkatan Penjualan

Penerapan strategi promosi yang tepat akan berdampak terhadap peningkatan penjualan. Hal ini dikarenakan banyaknya konsumen yang tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Contoh Penerapan Mix Marketing Strategy

  • Jasa

Perusahaan jasa juga dapat mengadopsi bauran pemasaran, meskipun lebih umum diterapkan dalam perusahaan yang menawarkan produk fisik. Contohnya, Grab menggunakan penerapan bauran pemasaran untuk berbagai layanan yang ditawarkan, seperti gocar. Dalam kasus ini, layanan Grabcar menjadi unsur product (produk) dari jasa yang mereka tawarkan.

Grab menggunakan pendekatan distribusi dan promosi melalui media digital untuk mengenalkan layanan ojek secara online. Hal ini merupakan implementasi dari unsur place (tempat) dan promotion (promosi).

Sementara itu, Grab menawarkan berbagai rentang harga atau price sesuai dengan pilihan mobil dan jarak yang dipilih oleh pelanggan. Tiga unsur lainnya dalam bauran pemasaran, yaitu orang, proses, dan bukti fisik, juga terkait dengan operasional perusahaan Grab dan peran orang-orang di dalamnya.

  • Barang

Contoh penerapan jenis barang sangatlah banyak seperti produk smartphone yang gencar dipasarkan. Sebut saja produk smartphone seperti iPhone yang menawarkan cara marketing yang unik. Tidak hanya melalui fitur ponsel yang diberikan, namun iPhone memiliki target pasar kelas menengah ke atas karena rentang harga yang terbilang mahal.

Hal ini menjadikan image brand iPhone sebagai merek eksklusif dan prestisius. Pendekatan pemasaran dengan cara ini juga sering dilakukan oleh brand-brand kenamaan. Selain itu, baru-baru ini iPhone juga mengeluarkan iklan dengan statement unik dan menarik perhatian. Seperti produk iPhone 14 yang baru saja mengeluarkan varian ponsel yellow terbaru mereka dengan memosting slogan β€˜Kuning. Keren’.

MCM Hadirkan Casa De Ramos, Hunian Impian di Tangerang

CASA DE RAMOS
Download Brosure CASA DE RAMOS Di Sini

PT Multiguna Cipta Mandiri. Sebagai salah satu agen properti di Jakarta, perusahaan ini menawarkan perumahan sebagai produk properti yang mereka hasilkan. Hadir dengan perumahan Casa De Ramos, PT Multiguna Cipta Mandiri membangun hunian di Tangerang Selatan dengan konsep klasik tetapi tetap modern.

Rumah ini dibangun di area bebas banjir dan dekat dengan jalan tol serta MRT tentu dapat memudahkan mobilitas penghuninya. Tersedia dalam dua tipe yaitu tipe Jazmin dan tipe La Rosa yang dilengkapi fasilitas serta fitur serba bermanfaat. Contohnya seperti halaman luas, pengaturan berbasis smart home dan teknologi panel surya.

Ingin segera memiliki rumah dekat Jakarta hanya 2 milyaran ini? Segera hubungi agen marketing MCM kami.

Demikian informasi seputar marketing mix strategy serta info produk perumahan yang menjanjikan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *