Blog

Exclusive Cluster di Pondok Cabe

Tips Hidup Rukun Dengan Mertua

Kehidupan setelah menikah sering kali dijatuhkan pilihan akan tinggal di mana, ada yang lebih memilih untuk mengontrak saja atau memilih tinggal dengan mertua. Ada beberapa tips hidup rukun dengan mertua yang bisa dijadikan patokan agar tinggal bareng lebih minim konflik.

Tips Hidup Rukun dengan Mertua Agar Betah Tinggal Bareng

  1. Bekerja sama dalam beberapa pekerjaan rumah

Pekerjaan rumah tidak pernah lepas dari peran anggota keluarga untuk bertanggung jawab tidak terkecuali menantu dan juga mertua. Masing-masing anggota haruslah memiliki kesadaran tanggung jawab di rumah dalam masalah pekerjaan rumah, tinggal bersama artinya melakukan sesuatu bersama.

Untuk menjaga keharmonisan rumah apalagi apabila tinggal bersama dengan mertua ada baiknya untuk melakukan pekerjaan rumah bersama dengan seluruh anggota keluarga yang lain. Pembagian pekerjaan rumah dapat dilakukan dengan kesadaran diri masing-masing dan akan lebih baik jika didiskusikan bersama-sama.

2. Ikut andil dalam pembiayaan

Tinggal bareng mertua sama seperti ikut menikmati fasilitas-fasilitas yang ada di rumah tersebut, termasuk listrik dan gas. Agar hidup bersama lebih rukun ada baiknya untuk mendiskusikan perihal pembiayaan rumah.

Apabila mertua meminta untuk membayarkan keseluruhan biaya listrik maka Anda dapat membicarakan mengenai pembiayaan belanja dan juga tabung gas. Ini agar pembiayaan tidak diberikan hanya kepada menantu saja, karena semua ikut merasakan fasilitasnya.

3. Hindari pertengkaran

Pertengkaran merupakan awal dari kehancuran, tips hidup rukun dengan mertua agar tentram yang selanjutnya adalah sebisa mungkin menghindari pertengkaran yang mungkin terjadi. Sebagai orang yang lebih muda dan lebih mengerti perilaku yang seharusnya dilakukan, apabila ada potensi pertengkaran maka lebih baik untuk mengalah terlebih dahulu.

Hal ini merupakan sebuah langkah yang bisa dilakukan agar hidup bersama mertua lebih harmonis dan dapat berjalan lama. Memperbaiki hubungan yang sudah rusak terkadang lebih sulit daripada mencegah rusaknya hubungan. Oleh karena itu, sebelum terjadi kerusakan pada hubungan lebih baik dicegah sedini mungkin.

4. Miliki batasan

Memiliki batasan yang sehat antara rumah tangga dan juga mertua merupakan langkah yang baik dalam melakukan tips hidup rukun dengan mertua yang sehat. Memiliki batasan artinya tidak berlaku semena-mena antara masing-masing urusan dari kedua belah pihak.

Ini juga merupakan langkah yang bisa dilakukan untuk menghindari konflik yang mungkin terjadi dalam hubungan dengan mertua. Anda dapat mendiskusikan hal ini bersama dengan mertua pada saat awal hidup bersama tentu saja dengan bahasa dan penyampaian yang baik agar tidak menimbulkan konflik.

5. Tetap menghormati

Tinggal dengan mertua sama saja dengan tinggal dengan orang tua sendiri. Sebagaimana hidup dengan orang tua maka ada baiknya untuk tetap menghormati satu sama lain. Ini juga sebagai bentuk penghormatan kepada orang yang lebih tua sebagai bagian dari kesopanan.

Hal ini juga seharusnya merupakan sesuatu yang timbal balik bukan hanya menantu kepada mertua akan tetapi juga mertua kepada menantu. Oleh karena itu, sebaiknya hal seperti ini didiskusikan bersama-sama agar tidak menimbulkan permasalahan yang tidak diinginkan mendatang.

6. Tetap memiliki komunikasi yang baik

Membangun komunikasi yang baik dengan mertua, anggota keluarga, dan juga pasangan merupakan hal yang penting untuk menjaga keharmonisan rumah. Ini merupakan sebuah dasar yang paling pokok agar kehidupan berumah tangga tetap berjalan lancar dan hubungan dengan mertua juga terjaga.

Mengkomunikasikan perasaan dan keinginan dengan baik tanpa menyakiti satu sama lain merupakan sebuah PR yang harus dilakukan oleh masing-masing orang dengan kesadaran diri. Ini juga merupakan langkah untuk tetap saling menjaga hubungan satu sama lain.

7. Saling mengerti privasi

Tips hidup rukun dengan mertua yang baik terakhir adalah saling mengerti privasi masing-masing. Entah dari pihak mertua ataupun menantu. Privasi ini merupakan suatu hal yang sangat penting karena menyangkut dari hal pribadi dari masing-masing pihak.

Apabila suatui hari mertua ataupun menantu melewati batasan privasi yang pada dasarnya sudah seharusnya maka lebih baik dikomunikasikan dengan baik. Mengkomunikasikan bukan berarti memberikan protes, akan tetapi mendiskusikan jalan ke depannya.

Baca Juga: Lebih Baik Tinggal dengan Mertua atau Ngontrak?

Tantangan yang Akan Dihadapi Apabila Tinggal dengan Mertua

  1. Mertua terlalu ikut campur

Ini merupakan hal yang paling umum ditemui apabila tinggal bersama dengan mertua. Biasanya, mertua tidak memberikan ruang dan waktu bagi menantu untuk menyelesaikan masalah mereka, namun justru memperkeruh dengan ikut campurnya dan membuat hubungan menjadi renggang. Penting untuk mempersiapkan diri untuk hal seperti ini di awal menentukan pilihan agar masalah dapat teratasi.

2. Tidak paham batasan dan privasi

Walaupun dari kita telah memberikan batasan yang sehat dan juga mengomunikasikan privasi yang seharusnya tidak dilewati, akan tetapi terkadang mertua masih tidak paham. Dalam keadaan seperti ini, memang harus didiskusikan lebih lanjut dan diingatkan kembali mengenai batasan yang telah dibuat.

3. Terlalu berlebihan menuntut

Ada beberapa mertua yang menganggap bahwa menantu hanya menumpang di rumah mereka, oleh karena mertua berekspektasi menantu akan menanggung segalanya. Biasanya, tuntutan-tuntutan yang dapat dari mertua bisa membuat kita sebagai menantu merasa lelah. Oleh karena, lebih baik mempersiapkan diri dan mencari solusi yang tetap untuk keadaan seperti ini.

4. Bersikap dan berkata kasar kepada menantu

Tantangan yang terakhir ini merupakan yang paling sulit untuk dihindari,sebab perkataan dan perbuatan mertua sulit untuk dikontrol. Sebagai menantu tugas kita hanya cukup mengiyakan dan tidak terlalu diambil pusing. Hal ini agar, hidup bersama dengan mertua tidak terbayang-bayang dengan kebencian.

Casa de Ramos, Rumah Nyaman Bergaya Klasik Modern

casa de ramos - banner promo

Bagi Anda yang sedang mencari hunian nyaman dengan segala fasilitasnya yang modern, Casa de Ramos dapat menjadi pilihan yang tepat. Rumah dengan mengedepankan gaya desain yang klasik ini dapat menjadi hunian nyaman impian Anda.

Perumahan yang dikembangkan oleh PT Multiguna Cipta Mandiri memiliki dua tipe utama yaitu tipe Jazmin dan tipe La Rosa. Lokasinya yang strategis karena berada di kawasan bebas banjir dapat menjadi solusi yang tepat untuk hunian nyaman.

Bagi Anda yang bekerja di Jabodetabek tidak perlu khawatir karena Casa de Ramos dekat dengan berbagai jalur transportasi terutama jalan tol. Bagi Anda yang bekerja di ibu kota tidak perlu risau sebab perumahan ini dekat dengan MRT.

Masing-masing tipe memiliki keunggulan yang sama, tipe Jazmin dengan fasilitas halaman yang luas dan juga smart home system dan panel surya dapat menjadi hunian yang nyaman. Sedangkan tipe La Rosa dengan fasilitas yang serupa juga dapat menjadi pilihan yang tepat.

Dengan segala fasilitas yang modern yang mengedepankan penggunaan teknologi, rumah dekat Jakarta hanya 2 milyaran ini menawarkan hunian nyaman untuk Anda. Itulah beberapa tips hidup rukun dengan mertua yang bisa dijadikan pegangan agar tetap betah tinggal bersama. Ada kalanya, orang tua memang agak berlebihan dalam menuntut suatu hal, akan tetapi sebagai orang yang lebih muda kita selayaknya tetap menghormati terhadap yang lebih tua.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dapatkan Bonus Free PPN & Subsidi
KPR 40Jt Setiap Pembelian Unit
Casa De Ramos

X