Blog

Exclusive Cluster di Pondok Cabe

Kamus Properti

Saat hendak membeli rumah, Anda perlu mengetahui beberapa istilah yang ada dalam kamus properti untuk memudahkan proses transaksinya. Selain itu, dengan memahami istilah-istilah penting pembeli tidak akan mudah tertipu. Berikut ini penjelasan beberapa istilah pentingnya.

Kamus Properti yang Harus Diketahui Saat Membeli Rumah

  1. SHM

SHM merupakan singkatan dari sertifikat hak milik yang menunjukkan status properti atau rumah sepenuhnya dimiliki oleh pihak tertentu. Sertifikat ini termasuk pernyataan yang bersifat legal dan bisa dicek keaslian dan kepemilikannya di Badan Pertanahan Nasional.

Dengan kepemilikan SHM, maka kepemilikan properti tidak bisa dicampuri oleh pihak lain. Sertifikat ini sangat dibutuhkan jika Anda ingin melakukan transaksi jual beli properti hingga proses balik nama setelah berganti kepemilikan.

  1. SHGB

SHGB merupakan singkatan dari sertifikat hak guna bangunan yang menunjukkan status properti hak milik dan mendirikan bangunan di atas tanah milik pihak lain. Masa berlaku sertifikat ini hanya 30 tahun dan bisa diperpanjang lagi hingga 20 tahun.

Properti dengan status SHGB biasanya dimiliki oleh negara, badan hukum, atau perorangan. Rumah, toko, atau bangunan yang dibangun di atas tanah milik pihak lain biasanya memiliki sertifikat seperti ini, bukan sertifikat hak milik.

  1. Tenor

Tenor adalah lamanya waktu cicilan kredit, bisa 10 tahun, 15 tahun, dan lainnya. Jika membeli rumah dengan sistem KPR, biasanya pihak bank menawarkan lama tenor yang bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan finansial.

Semakin lama tenor yang diambil, maka jumlah cicilan yang dibayarkan setiap bulannya semakin kecil. Namun, jika dihitung keseluruhan, biaya total yang dikeluarkan untuk tenor yang panjang membutuhkan dana yang lebih besar.

  1. Broker

Broker adalah istilah yang digunakan untuk menyebut orang yang memiliki agensi properti sendiri dan memperkerjakan orang lain sebagai agen properti. Broker dapat memudahkan Anda yang ingin membeli atau menjual rumah dengan cepat.

Jika menjual rumah dengan jasa broker, Anda harus memberikan komisi sekitar 2 sampai 5 persen dari harga rumah. Ini merupakan ketentuan yang tercantum dalam Undang-Undang. untuk jumlah komisi tepatnya, dapat didiskusikan dengan pihak agen.

  1. Agen Properti

Agen properti adalah orang yang diperkerjakan oleh broker untuk mencari listing dan menjual properti. Orang yang bekerja sebagai agen properti harus memiliki pengetahuan yang baik dalam bidang ini dan menguasai areanya.

Dengan begitu, calon pembeli properti dapat bertanya dengan leluasa terkait kekurangan dan kelebihan properti yang ditawarkan oleh agen. Tidak hanya itu, agen properti juga harus aktif menawarkan dan memberikan update properti yang dibeli atau dijual.

  1. Agunan

Agunan adalah jaminan yang diberikan oleh peminjam kepada pihak bank untuk memperoleh sejumlah dana pembiayaan. Adapun barang yang biasanya dijadikan jaminan untuk meminjam kepada bank yakni surat-surat berharga seperti sertifikat rumah, BPKB, atau SK pegawai.

Jika seseorang tidak bisa membayar hutang kepada bank, maka jaminan tersebut akan menjadi milik bank. Misalnya, jika memberikan sertifikat rumah, maka rumah tersebut akan disita bank jika Anda tidak bisa membayar hutang.

  1. Amortisasi

Amortisasi adalah pengurangan jumlah utang dengan pembayaran pokok dan bunga secara teratur. Dengan demikian, pinjaman bisa terbayar pada saat atau sebelum jatuh tempo.

Ketentuan semacam ini biasanya diatur oleh pihak bank jika Anda merasa tidak bisa mencicil KPR dalam satu waktu. Ini merupakan salah satu kamus properti saat beli rumah yang wajib Anda ketahui.

  1. Bunga Tetap

Bunga tetap berarti bunga yang ditetapkan oleh pihak bank setiap bulannya tidak berubah. Dengan demikian, jumlah angsuran pokok setiap bulannya akan tetap sama hingga pinjaman tersebut lunas.

Dengan memilih sistem kredit bunga tetap, Anda bisa merencanakan keuangan jangka panjang lebih baik. Namun, nasabah tidak bisa menikmati cicilan rendah saat suku bunga bank turun di tahun-tahun tertentu.

  1. Bunga Mengambang

Bunga mengambang berarti bunga pinjaman setiap bulannya bisa berubah sesuai dengan suku bunga bank. Keuntungan dari kredit bunga mengambang adalah cicilan bisa turun saat suku bunga bank sedang rendah.

Baca Juga: Cara Menghitung Floating Rate KPR Untuk Merencanakan Budget

  1. Capital Gain

Capital gain adalah keuntungan yang diperoleh dari kenaikan harga properti dibanding harga saat membeli. Ini merupakan salah satu kamus properti rumah yang perlu Anda ketahui jika ingin memulai investasi di bidang properti.

Umumnya, seorang investor akan mempertimbangkan keuntungan yang didapat dalam jangka waktu tertentu. Misalnya, Anda bisa membeli rumah di kawasan sunrise properti karena lokasinya masih bisa berkembang dalam beberapa tahun mendatang.

  1. Indent

Indent adalah pembelian properti dengan cara memesannya terlebih dahulu. Pembelian properti dengan sistem seperti ini biasanya dijumpai pada primary market. Anda bisa membayarkan deposit sebesar 20-30% dan pihak pengembang properti akan mulai membangun rumah.

Pembangunan ini dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Jadi, Anda tinggal menunggu rumah tersebut selesai dibangun dan melanjutkan proses transaksi selanjutnya.

  1. Superblok

Superblok adalah kawasan yang digunakan untuk menyatukan berbagai fungsi seperti fasilitas perdagangan, pemukiman, perkantoran, rekreasi, dan lain-lain. Ini merupakan salah satu istilah kamus properti yang perlu Anda ketahui dalam memilih lokasi properti.

Jika ditinjau dari posisinya yang berada di dalam kota, superblok bisa juga disebut kota dalam kota. Properti yang berada di kawasan superblok biasanya bernilai lebih tinggi dibandingkan properti di lokasi lainnya.

  1. Site Plan

Gambaran atau peta rencana detail sebuah kavling tanah atau bangunan. Peta rancangan ini lengkap dengan semua unsur penunjangnya, seperti air bersih, jalan, pembuangan limbah, listrik, fasilitas umum, dan fasilitas sosial.

Casa De Ramos Solusi Hunian Mewah di Tangerang Selatan

casa de ramos - banner promo

Bagi Anda yang sedang mencari hunian dengan konsep mewah klasik tapi tetap modern, Casa De Ramos adalah pilihan terbaik. Properti yang ditawarkan PT Multiguna Cipta Mandiri ini tersedia dalam dua tipe yakni tipe Jazmin dan tipe La Rosa. Keduanya bisa dipilih sesuai dengan budget dan kebutuhan.

Menariknya, Casa De Ramos berada di kawasan yang sangat strategis dan dekat dengan ibu kota. Anda tidak perlu khawatir kesulitan akses karena hunian ini ada di lokasi bebas banjir, dekat tol dan MRT. Tentu ini menjadi pilihan yang sangat baik untuk orang yang memiliki banyak kesibukan di berbagai tempat dan mobilitasnya tinggi.

Selain itu, hunian ini juga sudah dilengkapi beberapa fasilitas yang sangat bermanfaat seperti halaman luas, smart home, dan panel surya. Fasilitas tersebut tentu sangat memudahkan kegiatan sehari-hari. Halaman yang luas juga bisa disulap menjadi taman kecil yang asri di depan rumah untuk menambahkan kesejukan.

Dengan lokasinya yang strategis dan berbagai fasilitas menarik, dapatkan rumah dekat Jakarta hanya 2 milyaran. Penawaran yang sangat menarik di era saat ini, mengingat harga properti yang terus naik setiap tahunnya. Pastikan memilih Casa De Ramos sebagai hunian ternyaman Anda di Tangerang Selatan.

Demikianlah berbagai istilah dalam kamus properti yang perlu Anda ketahui sebelum membeli rumah agar tidak mudah tertipu. Selain itu, memahami istilah ini juga dapat memudahkan proses transaksi saat jual beli rumah.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dapatkan Bonus Free PPN & Subsidi
KPR 40Jt Setiap Pembelian Unit
Casa De Ramos

X